Tentang Opini Masyarakat

Mei 31, 2008

Indonesia Tergadaikan, Pemerintah Langgar UUD 1945 Bab XI Pasal 33

Filed under: Uncategorized — myself @ 6:26 am

Berikut ini adalah komentar awind dari milist nasional-list, beserta cuplikan kupasan berita seputar migas.

——

from awind <j.gedearka@…..>
reply-to nasional-list@yahoogroups.com
to nasional-list@yahoogroups.com
date Sat, May 31, 2008 at 5:46 AM
subject [nasional-list] 84% Produksi Migas Dikuasai Asing

84% Produksi Migas dikuasai Asing itu sekaligus menunjukkan kebijakan pengusa RI ini sudah bertentangan dengan UUD45 BAB XIV Pasal 33. Jadi tak mengherankan kalau Penguasa negeri ini harus menaikan harga BBM, karena pemilik migas adalah orang asing. Rupanya penguasa negeri ini tidak beda sebagai pegawai  multinasional.

http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=165215&actmenu=44

84% Produksi Migas Dikuasai Asing

30/05/2008 08:48:25 JAKARTA (KR) – Sekitar 84% produksi minyak dan gas (migas) Indonesia kini dikuasai asing. Sementara sisanya yang kebanyakan merupakan sumur-sumur tua dikelola PT Pertamina (Persero). Menurut Deputi Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Erwin Usman, sebanyak 329 blok migas ada di tangan asing. “Jika diletakkan titik-titik pada peta Indonesia, maka Indonesia sudah tergadaikan,” ujar Erwin Usman saat berdiskusi mengenai bahan bakar minyak di Jakarta kemarin.

Erwin Usman menyatakan, luas lahan konsesi yang dikuasai asing untuk migas mencapai 95,45 juta hektar. Luas daratan seluruh Indonesia sendiri mencapai 192.257.000 hektar dan luas hutan 101.843.486 hektar. Pada tahun 2006, ada sekitar 1.194 kuasa pertambangan dikeluarkan oleh pemerintah. Saat itu cadangan minyak Indonesia mencapai 4,3 miliar barel dan kemampuan memproduksi minyak mentah mencapai 1 juta barel/hari.

“Karena itu, sangat tidak mungkin Indonesia kekurangan minyak. Adalah kesalahan pemerintah yang lebih banyak mengekspor minyak ketimbang memenuhi kebutuhan dalam negeri,” tegasnya.

Ekonom dari Institute for Global Justice (IGJ) Salamuddin Daeng mengatakan, posisi perusahaan asing memiliki kemampuan produksi paling besar. Keuntungan yang diperoleh juga besar karena perusahaan yang menjadi kontraktor BP Migas tidak menanggung risiko apapun karena seluruh biaya produksi ditanggung pemerintah.

Dari laporan BP Migas tahun 2005, sejak tahun 2004 investasi yang ditanamkan hanya mencapai 5,56 juta dolar AS, sedangkan cost recovery yang diberikan pemerintah mencapai 5,6 juta dolar. Pada tahun 2005, investasi mencapai 6,22 juta AS dolar tetapi cost recovery yang diberikan mencapai 7,68 juta dolar.

Sementara itu Manajer Pengembangan Mobil Cepu Limited (MCL) Kunto Wibisono secara terpisah menyatakan, pihaknya selaku Operator Blok Cepu mulai memperluas pengembangan Blok Cepu yang mencakup wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, tidak hanya fokus ke Lapangan Banyu Urip saja. Selain itu, MCL juga berkonsentrasi ke tiga lapangan lainnya, yakni Jambaran, Alas Tua Timur, dan Alas Tua Barat. “Secara paralel kami juga mulai pengeboran sumur kedua Lapangan Jambaran sejak beberapa hari lalu,” katanya seperti dikutip Antara.

Dikatakan, proses pemboran sumur tersebut akan berlangsung selama tiga bulan. Dari pemboran sumur kedua itu akan diketahui potensi cadangan minyak, selain gas yang cukup besar.

Usai di Jambaran, MCL akan mulai pengeboran sumur pertama di Lapangan Alas Tua Barat dan tiga bulan selanjutnya disusul pengeboran sumur pertama di Lapangan Alas Tua Timur.

Dikatakan, dari proses pemboran sumur-sumur tersebut akan diketahui potensi cadangan minyak dan gasnya. “Kami targetkan tahun 2009-2010 sudah diketahui besar cadangan migas di tiga lapangan tersebut,” katanya.

(San/Imd)-s

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: